Dr. Sujinah, M.Pd.

Biodata

  1. IdentitasDiri

1

NamaLengkap(dengangelar)

Dr. Sujinah, M.Pd.

2

JenisKelamin

Perempuan

3

JabatanFungsional

LektorKepala

4

NIP/NIK/Identitaslainnya

021.8721.022

 

5

NIDN

0730016501

6

TempatdanTanggalLahir

Balikpapan, 30 Januari 1965

7

E-mail

sujijanuari30@gmail.comdan

sujinah@pps.um-surabaya.ac.id

 

9

NomorTelepon/HP

081330714146

10

AlamatKantor

JalanSutorejo No. 59 Surabaya

11

NomorTelepon/Faks

031-3811966/ 031-3813096

12

LulusanyangTelahDihasilkan

S-1=156orang;S-2=24orang; S-3=…orang

 

 

 

13. MataKuliahygDiampu

1.PenulisanKaryailmiah

2.PerencanaanPembelajaranBahs&Sastra Indonesia

3.  PengembanganKurikulumdanBahan Ajar

  4. EvaluasiPembelajaranBahasadansastra Indonesia

5. ProblematikPembelajaranBahasadanSastra Indonesia

 

B.RiwayatPendidikan

 

 

S-1

S-2

S-3

NamaPerguruanTinggi

IKIP Surabaya

UNESA

UNESA

BidangIlmu

Pendd Bhs &Sastra Indonesia

Pendd Bhs &Sastra

Pendd Bhs &Sastra

TahunMasuk-Lulus

1984 - 1989

 2000 - 2002

2007 - 2011

JudulSkripsi/Tesis/Disertasi

KemampuanSiswadalamMemahamiKosakataAsingdalam Media Massa

ProtesSosialdalam Kumpulan CerpenShoim Anwar

PengembanganKurikulum Bhs Indonesia SiswaCerdas Istimewa

NamaPembimbing/Promotor

Drs. GatotSusilo

Drs. AffanZaini

Prof. Dr. HarisSupratna

Prof. Dr. SetyaYuwono, M.A

Prof. Dr. SetyaYuwonoSudikan, M.A

Prof. Dr. Sunarto, M.Sc.

 

C.PengalamanPenelitianDalam5TahunTerakhir

(BukanSkripsi,Tesis,maupunDisertasi)

 

No.

Tahun

JudulPenelitian

Pendanaan

Sumber

Jml(JutaRp)

 

1

2012

PeningkatanKualitasPerangkatPembelajaran Mata KuliahSemantikMahasiswa Prodi BahasadanSastra Indonesia FKIP UM Surabaya MelaluiLesson Study

DirjenBelmawa

2

 

2

2012

PenerapanBelajarAktif Model Fink dalamLesson Study Mata KuliahPenilaianPengajaranBahasadanSastra Indonesia Mahasiswa Prodi PendidikanBahasadanSastra Indonesia FKIP UM Surabaya

Dirjen

Belmawa

2

 

3

2013

KreativitasMenulisPuisidengan Model KreatifProduktifmelalui Lesson Study Mahasiswa Prodi BahasadanSastra Indonesia FKIP UM Surabaya

DirjenBelmawa

2

 

 

 

4

2014

PengembanganBahan Ajar Berbasis Multimedia Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Cerdas Istimewa SMP (HibahBersaing)

DP2M Dikti

55

 

 

5

2015

AnalisisHasilPenulisan Proposal Program KreativitasMahasiswa

Mandiri

1

 

 

6

 

2016

SikapPesertaDidikTerhadapPembudayaanLiterasi di Sekolah

Mandiri

1

 

D.PengalamanPengabdianKepadaMasyarakatdalam5TahunTerakhir

No.

Tahun

JudulPengabdianKepadaMasyarakat

Pendanaan

Sumber

Jml(JutaRp)

 

1

2012

PendampinganPengembanganKurikulumPengayaandanPembelajaran SMA PenyelenggaraKelasCerdas Istimewa se-JawaTimur

Direktorat PKLK DikmenKemendiknas

      30

 

 

2012

Sertifikasi Guru 2011 Rayon 142 Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DirjenBelmawa

 

      17

2

 

2012

PendampinganPerguruanTinggidalamPengembanganBahan Ajar SMA Akselerasi se-JawaTimur

 

Direktorat PKLK DikmenKemendiknas

 

70

3

2012

PengembanganKurikulumPemadatanKelasCerdas Istimewa SMA 5 Surabaya

 

Mandiri

2

4

2013

PedagangPasarKrukah (IbM)

DP2M

50

5

2013

SosialisasiKonsepCerdas Istimewa danKurikulumEskalasioleh MAN 3 Kediri

Mandiri

4

6

2014

Pendampingan SDM 8 dan SMPM 7 dalam penyelenggarakan proses belajar mengajar di kelas 2014melaluiLesson study.

 

DirjenBelmawa

5

7

2015

PendampinganPenyusunanPerangkatPembelajaran/Perkuliahan

Universitas

10

8

2016

PenguatanKualitasPenyusunanPerangkatPembelajaran di SD Petemon X Surabaya

mandiri

2

 

E.PublikasiArtikelIlmiahDalamJurnaldalam5TahunTerakhir

No.

JudulArtikelIlmiah

NamaJurnal

Volume/ Nomor/Tahun

 

1

Model PembelajaranuntukSiswaCerdas Istimewa

Jembatan Merah Balai Bahasa Prov. Jawa Timur

Volume 7 Edisi Desember 2012

 

2

Model PengembanganKurikulumSiswaCerdas Istimewa Mata PelajaranBahasa Indonesia

Bahasa, Sastra, Seni, dan pengajarannya

Tahun 40 Nomor 2 Agustus 2012; ISSN 0854-8277

 

3

KreativitasdalamPembelajaranMenulisPuisiBerkarakterLingkungandenganMenggunakanModel KreatifProduktifmelalui Lesson Study

 

Dikdaktis

 

 

4

PembentukanKarakter Personal MahasiswaPBSI FKIP UM Surabaya melaluiPenerapan Model KooperatifTipe Jigsaw

 

Dikdaktis

 

 

 

F.PemakalahSeminarIlmiah(OralPresentation)dalam5TahunTerakhir

 

No

NamaPertemuanIlmiah/ Seminar

 

JudulArtikelIlmiah

Waktudan

Tempat

1

SimposiumNasional

Analisis Kritis Profil Profesionalitas Guru dalam Mengembangkan Kurikulum Peserta Didik Cerdas Istimewa

9 Juni 2012 di Surabaya

 

Seminar Nasional

KompetensiPengawasdalamPengembanganKurikulum

11 Januari 2012 di Yogjakarta

2

Seminar Nasional

Keprofesionalan Guru Mata PelajaranBahasa Indonesia (Tantangan, Fakta, danSolusi)

28 Januari 2013 di Surakarta

3

Seminar Nasional

PembelajaranTematikTerintegrasidenganKonten IPA dan IPS sertaPendidikanKarakteruntukMeningkatkan CALISTUNG di SD

11 Mei 2013 di Surakarta

4

Seminar Nasional

PengembanganKeunggulanAkademikPesertaDidikCerdas Istimewa

5-6 Mei 2014, Yogjakarta

5

Seminar Nasional

PenanamanNilai-nilaiKeberagamanBudayamelaluiPembelajaranBahasa Indonesia BerbasisTeks

11-13 Juni 2014, Yogjakarta

6

Seminar Nasional

AJPBSI

24-25 Oktober 2014 di Surakarta

7

Seminar Nasional

MengindonesiakanManusia Indonesia melaluipenyusunanBahan Ajar

22-23 Oktober 2014 di Surabaya

8

Seminar Nasional

Bahan Ajar Berbasis Multimedia Mata PelajaranBahasa Indonesia untukSiswaCerdas Istimewa

8 Mei 2015 di Palu

9

Seminar Internasional

Teaching and Learning Device Quality and The Benefits of Lesson Study as seen in Semantics Toward Indonesian Language and Literature Department Students

17-19 September 2015 di Bali

10

Seminar Internasional

Cultivating Literacy Among Young Generation Through Sustained Silent Reading to Face Global Challenge

1-2 Desember 2015, Malaysia

11

Seminar Nasional

SikapPesertaDidikterhadapBudayaLiterasimelaluiSustained Silent Reading

29-30 Mei 2016, di Makassar

 

G.KaryaBukudalam5TahunTerakhir

 

No

 

JudulBuku

 

Tahun

Jumlah

Halaman

 

Penerbit

1

Model PengembanganKurikulum&PembelajaranSiswaCerdas Istimewa

2011

326

PMN

2

 

 

 

 

3

 

 

 

 

Dst.

 

 

 

 

 

  1. PerolehanHKIdalam5–10TahunTerakhir

 

No.

 

Judul/TemaHKI

 

Tahun

 

Jenis

 

NomorP/ID

1

 

 

 

 

2

 

 

 

 

3

 

 

 

 

Dst.

 

 

 

 

 

  1. PengalamanMerumuskanKebijakanPublik/RekayasaSosialLainnyadalam5

TahunTerakhir

No.

Judul/Tema/JenisRekayasaSosialLainnyayangTelahDiterapkan

 

Tahun

Tempat

Penerapan

Respon

Masyarakat

1

Perumusan SK-KD SMA Akselerasi Tingkat NasionalDirektorat PKLM DikmenKementrianPendidikanNasional

2012

Solo

positif

2

 

 

 

 

3

 

 

 

 

Dst.

 

 

 

 

 

  1. Penghargaandalam10tahunTerakhir(daripemerintah,asosiasiatauinstitusilainnya)

 

No.

 

JenisPenghargaan

InstitusiPemberi

Penghargaan

 

Tahun

1

WisudawanTerbaik

UNESA

2002

2

 

 

 

3

 

 

 

Dst.

 

 

 

 

Semuadatayangsayaisikandantercantumdalambiodatainiadalahbenardandapatdipertanggungjawabkansecarahukum.Apabiladikemudianhariternyatadijumpaiketidak- sesuaiandengankenyataan,sayasanggupmenerimasanksi.

DemikianbiodatainisayabuatdengansebenarnyauntukmemenuhisalahsatupersyaratandalampengajuanPenugasanPenelitianUnggulanPerguruanTinggi.

 

Surabaya, 10-5-1916                                                                                                                                                     

KetuaPengusul,                                                                                                                                                            

                                        

 

(Dr. Sujinah, M.Pd.)                                                                                                                                                  

 

 

 

 

 

 

 

On the Subject of Me

On the Subject of Me

I'm Sirate, Photographer and Web Designer, working in web development and print media. If you have a project that needs some creative injection then that’s where I come in!

Hire me, I'm really good

My Photostream